benefit sebagai imbalan atas pengumpulan jarak yang telah ditempuh dengan
Garuda pada seluruh rute penerbangan domestik dan beberapa rute internasional (members.bumn.go.id). Untuk melihat jumlah penumpang Garuda Indonesia selama lima bulan terakhir dapat dilihat dari market sharenya.
Adapun market share jumlah penumpang Garuda Indonesia selama lima
bulan terakhir dapat dilihat dari tabel 1.1 berikut:
Tabel 1.1
Market Share Jumlah Penumpang Garuda Indonesia
Januari sampai dengan Mei 2008
Tahun
Frekuensi
Penerbangan
Garuda
Jumlah
Penumpang
Garuda
Jumlah
Penumpang
Seluruh
Maskapai
Market
Sumber : PT.(Persero) Angkasa Pura II (2008)
Adapun Market Share dapat dicari dengan menggunakan rumus :
Market Share=
Maskapai
Seluruh
Penumpang
Jumlah
Garuda
Penumpang
Jumlah
x 100 %
Pada tabel 1.1 dapat dilihat bahwa selama lima bulan terakhir, pada umumnya minat konsumen untuk memanfaatkan layanan jasa penerbangan khususnya Garuda Indonesia mengalami fluktuasi. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan jumlah penumpang Garuda Indonesia yang cenderung naik dan turun setiap bulannya. Untuk menghadapi fluktuasi tersebut pihak Garuda Indonesia harus menyimbangi antara frekuensi penerbangan dengan permintaan terhadap layanan jasa penerbangan oleh konsumen di bulan tersebut. Kondisi
Garuda pada seluruh rute penerbangan domestik dan beberapa rute internasional (members.bumn.go.id). Untuk melihat jumlah penumpang Garuda Indonesia selama lima bulan terakhir dapat dilihat dari market sharenya.
Adapun market share jumlah penumpang Garuda Indonesia selama lima
bulan terakhir dapat dilihat dari tabel 1.1 berikut:
Tabel 1.1
Market Share Jumlah Penumpang Garuda Indonesia
Januari sampai dengan Mei 2008
Tahun
Frekuensi
Penerbangan
Garuda
Jumlah
Penumpang
Garuda
Jumlah
Penumpang
Seluruh
Maskapai
Market
Sumber : PT.(Persero) Angkasa Pura II (2008)
Adapun Market Share dapat dicari dengan menggunakan rumus :
Market Share=
Maskapai
Seluruh
Penumpang
Jumlah
Garuda
Penumpang
Jumlah
x 100 %
Pada tabel 1.1 dapat dilihat bahwa selama lima bulan terakhir, pada umumnya minat konsumen untuk memanfaatkan layanan jasa penerbangan khususnya Garuda Indonesia mengalami fluktuasi. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan jumlah penumpang Garuda Indonesia yang cenderung naik dan turun setiap bulannya. Untuk menghadapi fluktuasi tersebut pihak Garuda Indonesia harus menyimbangi antara frekuensi penerbangan dengan permintaan terhadap layanan jasa penerbangan oleh konsumen di bulan tersebut. Kondisi